Penyebab dan Cara Mengatasi Naiknya Berat Badan Saat Menstruasi



Selain kram perut, pusing, dan mood yang cenderung buruk pada saat masa menstruasi, para wanita juga akan merasa bahwa tubuhnya menjadi lebih gemuk, lebih padat, atau lebih lebar. Tapi,benarkah selama menstruasi berat badan akan melonjak naik?

Apa penyebab berat badan bertambah saat menstruasi?

Salah satu studi menerangkan bahwa sebelum dan selama menstruasi tubuh wanita akan di dominasi oleh fluktuasi hormon, sehingga timbul dorongan untuk makan lebih banyak. Kondisi ini bisa terjadi karena sel telur yang ketika subur akan lebih produktif sehingga dapat mempengaruhi nafsu makan.

Hormon estrogen atau hormon stres kortisol juga dapat menyebabkan penahanan garam dan air di dalam tubuh sehingga menyebabkan berat badan anda naik.

Tapi seorang psikolog juga mengatakan bahwa tidak akan ada kenaikan berat badan secara dramatis pada wanita yang sedang menstruasi.

Lantas,bagaimana cara mengatasinya?

Anda pasti akan merasa kaget ketika mengetahui hasil timbangan berat badan saat menstruasi dan tahu bahwa berat badan naik sekitar 2-3 kg, tapi anda tidak perlu khawatir karena itu merupaka efek hormonal. Anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat, sebelum atau selama masa menstruasi.

Dan berikut adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi agar dapat mengatasi masalah tersebut
  • Bayam : kandungan magnesium yang tinggi pada bayam bisa membantu meregangkan otot yang tegang dan dapat meredakan kram otot selama menstruasi.
  • Cokelat : Makanan yang enak dan sangat disukai oleh setiap kalangan ini juga sangat tinggi akan kandungan magnesium yang dapat membuat otot menjadi rileks dan juga dapat membantu membuat suasana hati tetap bahagia.
  • Air Putih : Perbanyaklah meminum air putih untuk dapat mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, karena tubuh yang dehidrasi bisa memperparah kram. Dengan mengkonsumsi air putih hangat dipagi hari dapat mencegah timbulnya kram perut.
  • Yogurt atau kefir : Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan membantu pemperlancar sistem cerna dan mencegah kembung, sembelit atau diare.

Komentar