Penyebab dan Cara Mengatasi Naiknya Berat Badan Saat Menstruasi

Tidak Hanya Menyegarkan, Ternyata Tomat Memiliki Khasiat Yang Penting Bagi Kesehatan


Tomat dikenal dengan jenis sayuran atau buah-buahan. Karena rasanya yang asam dan memiliki rasa yang lezat ketika dipadukan dengan berbagai makanan, maka kebanyakan orang sering menjadikan tomat sebagai pelengkap bahan masakan. Ada juga orang yang langsung menggonsumsinya sebagai buah, dan tomat juga cukup enak bila dijadikan minuman seperti dibuat jus dan lainnya.

Apa manfaatnya bagi kesehatan? Tomat mengandung senyawa nutrisi berupa kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk dapat membantu tidur, fungsi gerak otak, belajar, dan fungsi memori. Selain itu, kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam proses penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis. Kandungan senyawa lain yang juga terdapat dalam tomat yaitu asam alfa lipoic, yang mana sangat bermanfaat dalam mengkntrol kadar glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi, dan mampu melindungi passien diabetes dari retinopati.

Dan berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari mengkonsumsi tomat bagi kesehatan tubuh

Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang ingin mengurangi berat badan, selain melakukan olahraga dan aktivitas fisik lainnya , ada baiknya bagi anda untuk mengkonsumsi tomat dengan rutin sebelum melakukan latihan agar diet yang anda lakukan berjalan maksimal. Jangan khawatir,karena tomat tidak mengandung lemak, dan justru tomat sangat tinggi akan protein, karbohidrat,dan kalori. Kandungan dari ketiga nutrisi tersebutlah yang mempunyai peranan penting dalam masalah menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C,dan kaloin yang terdapat dalam tomat mempunyai peranan sangat penting dalam mendukung kesehatan jantung. Bahkan terdapat sekitar 235 mg kalium dalam sepotong tomat yang berukuran sedang,yang sangat berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah sehingga membuatnya selalu bekerja dengan stabil.

Menyehatkan Mata

Kandungan yang tedapat dalam tomat seperti kandungan vitamin A ynag banyak, dan ditambah dengan sejumlaj nutrisi lainnya seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Dimana keduanya akan bekerja sama dalam penyembuhan kesehatan gangguan mata.

Mampu menangkal radikal bebas

Tomat mengandung senyawa anioksidan yaitu flavonoid dan zea-xanthin, yang mana senyawa tersebut mampu untuk menangkal datangnya radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh.

Mencegah resiko penyakit kanker

Berbgai kandungan antioksidan yang kuat terdapat dalam tomat, seperti vitamin C dan likopen. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin, maka akan membantu mencegah pembentukan dari radikal bebas yang diketahui bisa menyebabkan penyakit kanker, termasuk kanker prostat dan kanker usus. Likopen yang terkandung dipercaya bisa menurunkan resiko kanker prostat, dan kandungan betakaroten yang tinggi dipercaya untuk pencegahan kanker usus(kolorektal).

Komentar