Penyebab dan Cara Mengatasi Naiknya Berat Badan Saat Menstruasi

5 Cara Alami Untuk Menjaga Kesehatan Mata






mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting. karena dengan mata kita dapat melihat keindahan yang disuguhkan oleh semesta. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata dan memastikan penglihatan tetap baik dan normal.

Berikut adalah beberapa cara alami yang perlu anda lakukan mulai dari sekarang untuk menjaga kesehatan mata

  • Mengonsumsi Makanan Yang Menyehatkan Mata

 

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang Yang kaya akan antioksidan,seperti vitamin A dan C. yang banyak mengandung nutrisi seperti omega-3 asam lemak, lutein, seng, dan vitamin C dan E. Yang mana sangat penting dalam membantu menangkal gangguan penyakit pada mata. sering-seringlsh mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk. sayur-sayuran hijau seperti bayam,kangkung,dan sawi. Telur,kacang-kacangan,dan sumber protein non-daging lainnya.
  • Gunakan Kacamata Hitam

Jika anda sering melakukan aktifitas di luar ruangan, otomatis mata anda akan brhadapan langsung dengan sinar ultraviolet matahari (UV). Maka dari itu sebaiknya anda pergunakan kacamata hitam untuk membantu melindungi mata dari sinar UV. Karena jika terlalu sering terpapar sinar UV akan mengakibatkan mata anda cepat terserang katarak dan degenerasi makula.
  • Atur Pencahayaan Pada Layar Komputer

 

Bagi anda yang sering berhadapan dengan komputer bahkan sampai berjam-jam.Hati-hati dengan resiko terkena computer vision syndrom (CVS) yang ditandai dengan mata lelah,penglihatan kabur, dan mata kering. Aturlah layar komputer 4-5 inchi dibawah level mata,gunakan lampu yang berwatt rendah,atur mata supaya bisa berkedip lebih sering,dan usahakan istirahatkan mata 10-15 menit setelah 2 jam penggunaan komputer.
  • Istirahat yang cukup

 

Perlu anda ketahui bahwa kurang istirahat sangat berbahaya bagi penglihatan. Maka dari itu gunakan waktu untuk tidur dimalam hari, karena pada umumnya mata membutuhkan setidaknya 5-7 jam tidur permalam untuk dapat mengoptimalkan fungsi mata. Kekurangan tidur dapat menyebabakan mata kering, dan energi yang dimilki mata akan melemah karena mata yang terlalu lelah bekerja.
  • Cuci tangan ketika ingin menyentuh mata atau lensa kontak



Cucilah tangan dengan bersih sebelum mengambil atau meletakan lensa kontak. Pastikan mensterilkan lensa kontak yang ingin anda gunakan sesuai aturan yang diperintahkan dan menggantinya sesuai anjuran yang diterapkan.

Komentar